KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Puja dan puji syukur kami ucapkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat mengerjakan blog ini tanpa ada halangan suatu apapun. Terimakasih kepada beberapa pihak yang telah mendukung dalam pembuatan blog ini guna memenuhi tugas Prakarya dan Kewirausahaan SMA Negeri 1 Magelang yang dibimbing oleh Bapak Taat Prasetyo, S.Kom. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi kami dan para pembaca. Di sisi lain, blog ini tentu memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu, kami mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Jumat, 29 Januari 2016

Membuat Sandal dari Koran Bekas


          Kali ini saya akan berbagi tentang cara memanfaatkan koran bekas. Daripada menumpuk di rumah lebih baik kita manfaatkan iya kan guys :) . Untuk mengetahui cara membuatnya baca baik-baik ya! ;)
Bahan :
1.     Koran


2.     Kardus

3.     Kancing Batok

4.     Pati


5.     Air

6.     Gulungan Benang bagi 2

Alat :
1.     Gunting
                  


2.     Lem Kayu

3.     Panci
4.     Sendok

5.     Ember

Cara Membuat :
A.    Membuat Alas
1.     Sobeklah 8 lembar koran lalu, rendam dalam ember selama 3 hari lebih lama lebih baik.
2.     Untuk membuat lemnya,tuanglah air kedalam panci dan masak hingga mendidih kemudian, masukan pati secukupnya. Aduk hingga mengental. Setelah itu matikan kompor.

3.     Buat cetakan kaki dari kardus dengan ukuran alas sesuai ukuran kaki Anda dan buatlah persegi panjang yang mengelilingi alas dengan dengan tinggi 4 cm. 


4.     Rekatkan alas dan persegi panjang dengan lem.
                  
5.     Tiriskan dan peras rendaman koran.Setelah lem pati dingin, campur dengan koran yang sudah di peras.
6.     Masukan adonan tersebut ke dalam cetakan kemudian ratakan. Tancapkan gulungan benang agar embentuk lubang. Jemurlah hingga kering. Setelah mengering, keluarkanlah dari cetakan. Lapisi atas dan bawahnya dengan kardus agar kuat.
B.    Membuat Hiasan
1.     Gulunglah koran kecil-kecil dan kencangkan dengan lem. Buatlah sebanyak-banyaknya. Kira-kira cukup ditempelkan pada alas.
 
2.     Setelah itu, pilin koran sejumlah 16 dengan ukuran koran 5 cm x 45 cm.




3.     Buat 4 kepangan dari koran yang sudah dipilin lepaskan pilinan bagian ujung-ujungnya.Lalu, buatlah sepasang kepangan dari koran yang sudah digulung.

4.     Buatlah pita dengan ukuran sesuai selera.
C.    Merakit
1.     Lapisi alas dengan gulungan koran dan rekatkan dengan lem kayu. Rapikan pada sisi-sisi yang tidak rapi.
2.     Pilin lagi 2 pilinan menjadi satu buatlah 2. Masukan ke dalam lubang alas dan buka pilinan pada bagian bawah alas. Sisakan tempat untuk tempat menjepit pada bagian atas, gulung melingkar pada bagian atasnya. Tempelkan batok di atasnya.


3.     Tempelkan kepangan dari kertas yang dipilin di alasnya. Selanjutnya, lem ujung kepangan dari gulungan koran di bawah batok dan kepangan dari koran yang dipilin.

4.     Tempelkan pita di atas kepangan koran yang dipilin. Pada bagian alasnya lapisi dengan koran dan rapikan.
       
5.     Akhirnya, jadilah SANDAL KORAN Kece.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar